Air Bersih Untuk Masyarakat, Upaya DPUPPB menuju 100-0-100
Air Bersih Untuk Masyarakat, Upaya DPUPPB menuju 100-0-100

14199772_1295207587180848_4490979277757165102_n100% akses air bersih bagi masyarakat, 0% kawasan Kumuh dan 100% sanitasi layak menjadi tekad kuat dari DPUPPB Kota Malang untuk mewujudkannya di tahun 2019. Meskipun capaian Kota Malang khususnya untuk air bersih sudah luar biasa akan tetapi masih ada kurang lebih 15% masyarakat yang belum menikmati air bersih yang layak dan murah. Mereka sebagian besar adalah yang bermukim di daerah dataran tinggi sehingga belum memungkinkan untuk mendapat pasokan air bersih dari PDAM, tetapi bagaimanapun mereka adalah warga Kota Malang yang juga harus dipikirkan pemenuhan air bersihnya.

Berdasar masukan dari masyarakat akan adanya sumber air bersih yang cukup besar di Kelurahan Mulyorejo dan informasi masih banyaknya masyarakat yang kesulitan untuk mendapat air bersih, Bpk Ir. Didik Setyanto, MM kepala Bidang Perumahan dan Tata Ruang (PTR) DPUPPB Kota Malang, proaktif mengajak kasi dan stafnya mengecek dan meninjau langsung ke lapangan terkait informasi tersebut. “Masyarakat mengadu atau memberikan informasi itu bentuk dari keperdulian dan partisipasi masyarakat, kita harus meresponnya secara cepat sebagai bagian dari pelayanan kita kepada masyarakat” ungkap Bpk Didik di tengah perjalanan menuju ke lokasi, selasa 6 september 2016.

Ternyata memang ada sumber air yang cukup besar dengan air yang jernih, ada saluran air yang terbentuk secara alami sebagai tempat pembuangan air yang keluar dari sumber, dari aliran air yang ada cukup membuktikan bahwa debit airnya cukup besar, lokasinya yang di ketinggian sangat memungkinkan sumber air tersebut bisa dimanfaatkan untuk air bersih bagi warga, selama ini air belum termanfaatkan dan terbuang percuma.

Bapak Didik setelah meninjau lokasi menyampaikan “Bila nantinya dibangun akan bisa memberikan air bersih bagi warga sekitar yang daerahnya di bawah sumber, bila airnya layak minum bisa direncanakan untuk membangun perpipaan dan disalurkan pada masyarakat menurut informasi masyarakat ada sekitar 800 KK yang masih membutuhkan air bersih di sekitar sini, air jernih belum tentu layak minum, makanya tadi kita juga mengambil sample untuk dilakukan uji laboratorium, semoga saja nanti hasilnya baik sehingga bisa ditindaklanjuti.

Sinergi antar SKPD perlu untuk terus dibangun untuk percepatan pencapaian 100-0-100 di Kota Malang, kalau bisa sebelum 2019 mengapa tidak. Semoga. Eko Wahyu Widodo.

>> kembali ke berita & informasi

>> kembali ke halaman utama

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Pengawasan Bangunan Kota Malang

Air Bersih Untuk Masyarakat, Upaya DPUPPB menuju 100-0-100

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply