DPUPR KOTA MALANG AJAK MASYARAKAT UNTUK TIDAK MEMBUANG LIMBAH KE SUNGAI
DPUPR KOTA MALANG AJAK MASYARAKAT UNTUK TIDAK MEMBUANG LIMBAH KE SUNGAI

IPAL Komunal adalah sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah secara komunal atau terkordinir dan terpusat disatu lokasi atau titik pengumpul. IPAL komunal secara kategori termasuk pengolahan limbah domestik, namun IPAL Komunal memproses secara seluruh dari limbah-limbah  yang disatukan disatu lokasi, yaitu air limbah rumah tangga dan limbah air kotor ( Lumpur Tinja ).

Dan untuk menekan pencemaran lingkungan akibat pembuangan tinja atau limbah cair rumah yang belum baik, Pemerintah Kota (PEMKOT) Malang melalui Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Air Limbah (UPTPAL) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang terus menganjurkan kepada masyarakat Kota Malang untuk selalu membenahi pembuangan air limbah dan lumpur tinja dengan sistem penampungan Ipal komunal, tidak dibuang ke sungai.

Dan selanjutnya kalau sudah penuh, lumpur tinja disedot dan dibawah ke Instalasi Pembuangan Lumpur Tinja (IPLT) Supit Urang untuk diolah menjadi kompos lumpurnya, dan air yang sudah diproses menjadi jernih di alirkan ke sungai.

“Selama ini sebagian warga membuang air besar langsung ke sungai dan ada pula menggunakan WC atau jamban dan disalurkan ke sungai, atau juga tempat penampungannya tidak benar, tinja merembes ke sungai, dan mencemarinya. Program pengembangan septic tank komunal dapat menekan pencemaran lingkungan,” ungkap Ir. Hadi Santoso, Kepala DPUPR Kota Malang.

Tiap hari 8 sampai 10 truk penyedot tinja ke IPLT Supit Urang untuk membuang lumpur tinja, hal tersebut sangatlah tidak imbang dengan jumlah penduduk yang berdomisili di Kota Malang. “ada kalanya limbahnya lansung dibuang ke sungai, ada juga yang pihak jasa penyedot tinja tidak membuang ke IPLT, tapi dibuang ke sungai biar tidak jauh-jauh”, terang Soni, panggilan akrab Ir. Hadi Santoso ini.

Bila limbah lumpur tinja dibuang langsung ke sungai, air sungai akan mengandung bakteri, dan akan menyebar lebih luas lagi ke tempat-tempat lainya. Sedangkan limbah cucian atau limbah industri yang dibuang begitu saja dapat menjadi sarang nyamuk DB, lalat dan lainnya. DPUPR Kota Malang mengajak untuk selala berpola hidup bersih dan mengkonsumsi air yang sehat, biar tidak gampang terkena berbagai macam penyakit.  (MN).

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply