DPUPR KOTA MALANG ATASI GENANGAN AIR DI ALUN-ALUN MERDEKA UTARA
DPUPR KOTA MALANG ATASI GENANGAN AIR DI ALUN-ALUN MERDEKA UTARA

Pemerintah Kota Malang terus bergerak dalam mengatasi problem Drainase dan gorong-gorong. Demi menormalkan saluran air untuk menampung air hujan, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang terus melakukan perbaikan drainase dan gorong-gorong.
Terbaru, Bidang Sumber Daya Air dan Drainase DPUPR Kota Malang melakukan pengerjaan perbaikan drainase di Jalan Merdeka Utara. Tepatnya area utara Alun-Alun Merdeka Malang.

Kabid SDA Drainase DPUPR Kota Malang, Ir. Bambang Nugroho menyebut perbaikan ini diawali dari laporan genangan air di kawasan tersebut.
Genangan air di sisi utara Jalan Merdeka sudah terjadi setiap hujan. Ketika air turun dengan lebat, genangan muncul di area tersebut dan tak segera hilang. Ternyata, kata Bambang, drainase area tersebut tidak berfungsi dengan maksimal. Air hujan tak bisa mengalir lewat gorong-gorong dan menggenangi jalan.
“Genangan air ini kan tak bisa ditunda, sehingga kami segera laksanakan perbaikan. Ini adalah jalan utama, kami sudah menyelesaikanya, supaya tak ada genangan di area tersebut,” kata Bambang Nugroho

Dari pantauan, proses yang sedang dijalani untuk perbaikan gorong-gorong, adalah penggalian selokan. Penggalian ini sudah berjalan kurang lebih satu minggu untuk persiapan pengecoran. Proses penguatan pondasi untuk pengecoran sudah dilakukan dan sekarang sudah selesai.
Bambang mengatakan, Bidang SDA Drainase tetap merespon adanya pemeliharaan yang insidental seperti Jalan Merdeka. “Walaupun tak masuk program, kami tetap tanggapi dengan perbaikan karena memang harus diperbaiki. Begitu selesai ditinjau, perbaikan langsung dikerjakan,” tegasnya.
Teknis pengerjaan perbaikan, adalah pelebaran dan menambah kedalaman saluran. Karena, ukuran selokan kecil dan terjadi tumpukan sedimentasi lumpur yang membuat drainase ini dangkal. Bidang SDA Drainase DPUPR Kota Malang memproses pelebaran dan pendalaman selokan dengan total panjang 37 meter.
“Anggarannya Rp 80 juta, dan sekarang  sudah finish. Kami juga garap drainase sambungan Aris Munandar, Jalan Mahakam, Pasar Bareng dan Jalan Kawi.  kami gerak ke Jalan S Parman dan Lowokdoro kerjasama dengan PU Kabupaten Malang,” tutup Bambang. (Muslimin Nyoni).

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply