DPUPR KOTA MALANG, KAMPUNG BEBEKAN KAMI JADIKAN KAMPUNG “TELOLET OM”
DPUPR KOTA MALANG, KAMPUNG BEBEKAN KAMI JADIKAN KAMPUNG “TELOLET OM”

Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Bidang Sumber Daya Air dan Drainase bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menggencarkan program penebaran bibit kampung TeLoLeT om (Terong, Lombok, Lele dan Tomat) untuk mewujudkan kampung wisata konservasi.

Kabid Sumber Daya Air dan Drainase DPUPR Kota Malang, Ir. Bambang Nugroho MT, menjelaskan program kampung Telolet Om ini bertujuan untuk menciptakan dan menjaga terhadap kepedulian lingkungan.
“Sebenarnya pogram kampung Telolet Om ini untuk mewujudkan kampung wisata konservasi lingkungan yakni dengan menebar ikan ke sungai dan menjaga pencemaran lingkungan. Program ini akan diterapkan ke kampung lainnya di Kota Malang,” kata Bambang.

Bambang Nugroho menjelaskan, kenapa memilih kampung Bebekan karena wilayahnya terkenal dengan kampung rawan banjir dan kumuh. Sehingga pihaknya bekerjasama dengan Operasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Malang untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat untuk menjaga konservasi lingkungan.

“Jadi setiap musim hujan kampung itu selalu banjir, dan alhamdulillah mulai pengerukan pada bulan februari 2017 dengan karya bhakti yang mendatangkan alat berat, sampai sekarang sudah tidak banjir lagi. Nah kita menggandeng Dinas terkait membuat program yang manfaat bagi warga agar wilayahnya tidak banjir. Akhirnya kita tebar ribuan bibit ikan ke sungai yang nantinya akan dibudidayakan warga sekitar untuk memberi nilai tambah ekonomi,” tegasnya.

Kemudian, dalam hal ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sangat membantu dalam peternakan bibit lele dan dan budidaya tomat dan lombok yang bisa menjadi usaha warga. “Kami berharap program penerbaran 2 ribu bibit ikan lele dan nila ini bisa membantu usaha dan ekonomi warga,” kata Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang, Yudi Broto.
Dia berharap peternakan ikan lela nanti mampu dijaga dan dipelihara masyarakat dengan baik sehingga bermanfaat untuk kesejahteraan perekonomian masyarakat di Kota Malang. (MN).

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply