DPUPRPKP KOTA MALANG, PEMBANGUNAN DENGAN ISLAMIC CENTER MULTI YEARS
DPUPRPKP KOTA MALANG, PEMBANGUNAN DENGAN ISLAMIC CENTER MULTI YEARS

 

Pembangunan Islamic Center (IC), yang merupakan salah satu proyek Pemerintah Kota (PEMKOT) Malang sudah menunjukan progres yang signifikan, hal tersebut diketaui ketika senin, 2/11/2020 kemarin ditinjau lansung oleh Walikota Malang, Wawali, Sekda dan didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang.

Kepala DPUPRPKP Kota Malang Ir. Hadi Santoso, menyampaikan, konsep yang disuguhkan untuk destinasi wisata baru Islamic Center dengan multi years, anggaran total kurang lebih Rp 400 miliar tersebut ada berbagai macam, di antaranya, area gedung serbaguna untuk memfasilitasi kegiatan masyarakat umum. “Konsepnya seperti dulu, ada gedung serbaguna kapasitas 2.000 orang. Kemudian di lantai bawahnya nanti digunakan untuk kegiatan yang kaitannya dengan Islamic Center,” ungkapnya.

Gedung tersebut nantinya akan dibangun sebanyak 2 lantai. Yang mana di lantai atasnya, akan terbangun tempat asrama yang keperuntukannya nanti untuk para tamu yang akan melakukan pelatihan manasik haji. Namun, untuk pembangunan tersebut akan masuk dalam anggaran di tahun 2021 mendatang. “Ini yang belum terbangun Masjid dan asrama. Dulu konsepnya kalau ada yang mau manasik haji ada asramanya, tinggalnya di situ. Lalu, ada miniatur Ka’bah, dan sebagainya yang pokoknya kelengkapan manasik haji. Tapi ini terbangun (gedung serbaguna) itu dulu,” imbuhnya.

Kemudian, lanjut pria yang akrab panggil Soni ini, di rencana awal nanti juga akan berisikan museum peradaban keislaman. Yakni, perjalanan mengenai sejarah islam akan dihadirkan di sini. Termasuk di dalamnya nanti dimanfaatkan sebagai museum Al-Quran. Nanti ada yang mengelola bagian Kesra (Kesejahteraan Masyarakat). Jadi peradaban Islam itu perjalanannya akan ada di museum sini,” pungkas Soni.  (MN).

 

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply