Gerakan Menabung Air Kampung Glintung Go Green Masuk Final Guangzhou International Award for Urban Innovation
Gerakan Menabung Air Kampung Glintung Go Green Masuk Final Guangzhou International Award for Urban Innovation

3g gemarSungguh satu hal yang membanggakan, RW 23 Kelurahan Purwantoro yang kita kenal dengan Glintung dengan inovasinya Gerakan Menabung Air dan Glintung Go Green nya. telah menyisihkan banyak inovasi dari kota-kota besar di dunia yang ikut berkompetisi dalam Guangzhou International Award for Urban Innovation.  Inovasi dari kampung Glintung yang diberi nama Water Banking Movement yang lebih populer dengan gerakan menabung air masuk dalam 15 Inovasi Perkotaan Terbaik.

Setelah menunggu beberapa waktu, Pemerintah Kota Malang melalui Bappeda menerima kabar gembira tersebut melalui email dari Panitia, bahwa proposal inovasi Gerakan Menabung Air di Glintung Go Green yang dipromosikan oleh Pemerintah Kota Malang masuk babak final,  Tim Dari Kota Malang akan berangkat ke China untuk memenuhi undangan dari panitia guna mempresentasikan inovasi tersebut yang akan digelar pada tanggal 5-8 Desember 2016 mendatang.

Keputusan nominasi final tersebut merupakan hasil penjurian di Bogota, Kolombia pada tanggal 11 s.d 14 October 2016 yang dilakukan secara parallel dalam rangkaian the 5th UCLG World Congress (Kongres Dunia Persatuan Pemerintah Lokal/Kota)

Prestasi yang diraih dalam lomba yang bisa dikatakan semacam ‘otonomi award’ tingkat dunia dengan ratusan kota peserta ini tentu sangat membanggakan. Kota Malang bersanding dengan kota-kota maju seperti Brussels (Belgia), Copenhagen (Denmark), dan Boston (Amerika Serikat) yang juga lolos ke fase final.

14716154_667405626757294_7907658918020190346_n

Selain itu Malang beserta 14 kota finalis tersebut telah menyisihkan pula 30 kota nominasi (deserving city) yang tak kalah mentereng lainnya seperti Berlin, Barcelona, Jeonju, Buenos Aires, Busan, Moscow, Utrecht, Caracas dan Milan.

30 nomine

Capaian ini tentunya juga menjadi testimoni dan pengakuan bagi kerja keras masyarakat RW 23 Purwantoro dan seluruh pihak yang terlibat disana. Sekaligus diharapkan menjadi motivasi tambahan bagi kampung-kampung lainnya yang saat ini berkompetisi dalam Lomba Kampung Tematik, bahwa apresiasi atas kerja keras sejak fase perencanaan hingga implementasi tentu pada akhirnya akan hadir jika komitmen terus dijaga melalui aksi nyata.

Mohon doa restu agar Gerakan Menabung Air mampu tampil mengharumkan Kota Malang dan Indonesia serta mengesankan juri internasional desember nanti di Guangzhou sehingga meraih hasil terbaik. (Sumber Informasi Bappeda Kota Malang)

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply