ISLAMIC CENTER AKAN JADI PUSAT KERAJINAN ISLAM DAN DESTINASI WISATA BARU DI KOTA MALANG
ISLAMIC CENTER AKAN JADI PUSAT KERAJINAN ISLAM DAN DESTINASI WISATA BARU DI KOTA MALANG

Salah satu proyek Pemerintah Kota (PEMKOT) Malang, adalah pembangunan gedung Islamic Center (IC), yang kini terus mengalami progres. Targetnya, gedung yang ditempatkan di kawasan Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, rencana rampung di akhir Desember 2020. Di area lokasi, tampak pekerja proyek tengah berjibaku dengan alat-alat bangunannya. Tampak juga, kerangka-kerangka yang mengitari area seluas kurang lebih 5,6 hektar (ha) itu.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji, didampingi Wakil Wali Kota Malang Ir. Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Drs. Wasto, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Ir. Hadi Santoso, meninjau area lokasi secara langsung, senin siang, 2/11/2020.

Dalam kesempatan itu, Walikota Malang optimis gedung Islamic Center tersebut akan bisa terselesaikan di akhir tahun ini. “Ketika kemarin dilihat sudah sesuai progres. Artinya, schedule juga sesuai hitungan hari. Apa yang dilakukan oleh tim PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) sama dengan apa yang ada di sini. Time line yang diberikan kepada kami itu Desember selesai,” ujarnya.

Sutiaji menambahkan, pusat gedung yang akan memfasilitasi berbagai hal tentang Islam ini akan menjadi destinasi wisata baru di Kota Malang. Sebab, Pemkot Malang mengharapkan adanya Islamic Center juga untuk membangkitkan perekonomian di wilayah sekitarnya. “Kita ingin membangkitkan ekonomi di sekitar sini. Setelah itu kita juga berpikir bagaimana orang nanti mau datang ke sini,” imbuhnya.

Lebih jauh, banyak fasilitas yang bakal dihadirkan di area tersebut. Salah satunya, Pemkot Malang akan mengkaji berkaitan dengan adanya rencana Museum Peradaban Islam di dalam gedung Islamic Center. “Barangkali dulu kan ada gagasan Museum Peradaban Islam itu. Itu kan di Indonesia ndak ada, kalau itu ada mesti menarik dan akan menjadi daya tarik untuk wisata. Sehingga nanti hidup, Islamic Center ini benar-benar aktivitasnya akan hidup,” tandasnya. (MN).

 

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply