KOTA MALANG JUARA 1 PENATAAN KAWASAN KUMUH
KOTA MALANG JUARA 1 PENATAAN KAWASAN KUMUH

plpbk-logoKOTA MALANG JUARA 1 PENATAAN KAWASAN KUMUH

Kesabaran, kebersamaan, niat serta telad dari warga Kelurahan Polehan ahirnya berbuah penghargaan. Lebih dari setahun masyarakat merencanakan bagaimana agar lingkungannya menjadi tidak lagi kumuh tidak hanya menjadikan wilayah Kelurahan Polehan menjadi Bersih, indah dan sehat serta bebas kumuh saja, melainkan juga berbuah prestasi, Juara 1 lomba Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2016 dari Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Provinsi Jawa Timur.

Hal ini selain sebagai sebuah prestasi yang membanggakan bagi warga Kota Malang, juga membuktikan bahwa dalam hal penataan dan pembangunan lingkungan ternyata masyarakat jika diberi kepercayaan telah mampu untuk melaksanakannya dengan baik.

PLPBK merupakan sebuah program yang mengajak masyarakat untuk merencanakan lingkungannya permukmannya secara komprehensif sesuai dengan apa yang mereka butuhkan, bukan yang mereka inginkan. dimana dalam perencanaan mereka mengacu pada 7 indikator kawasan kumuh, semua indikator di rencanakan sesuai dengan kondisi lingkungan.

Perencanaan yang melibatkan semua stake holder  masyarakat tidak hanya kaum pria saja tetapi juga kelompok perempuan, remaja dan anak-anak menjadikan hasil perencanaan mencerminkan seluruh kebutuhan masyarakat dari semua kelompok umur dan juga gender.

Hasil perencanaan yang telah disusun oleh masyarakat Kelurahan Polehan direspon dengan baik oleh pemerintah pusat dimana masyarakat diberi reword berupa Bantuan Langsung Masyarakat PLPBK sebesar 1 milyar rupiah untuk digunakan mendanai perencanaan yang telah mereka buat.

Dana sebesar 1 milyar digunakan sebagai stimulan yang diharapkan muncul swadaya masyarakat untuk membangun lingkungannya sendiri yang telah mereka rencanakan bersama. Pembangunan sepenuhnya diserahkan pada masyarakat untuk melaksanakannya, masyarakat Kelurahan Polehan ternyata mampu tidak hanya dalam perencanaan tetapi juga pelaksanaan dan pelaporannya, semua dilaksanakan dengan baik sehingga berbuah prestasi yang membanggakan Kota Malang, Semoga hal ini memicu masyarakat di Kelurahan Lain untuk berbuat yang sama.

>> kembali ke berita

>> kembali ke halaman utama

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply