KURANGI BANJIR, DPUPR KOTA MALANG BUAT KAMPUNG ” TELOLET OM ” DI PISANGCANDI
KURANGI BANJIR, DPUPR KOTA MALANG BUAT KAMPUNG ” TELOLET OM ” DI PISANGCANDI

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang Bidan Sumber Daya Air (SDA) dan Draenase terus berupaya menanggulangi banjir di seluruh wilayah Kota Malang. Salah satu upaya tersebut ditunjukkan dengan sebuah program bernama Kampung Telolet Om di Bebekan Kelurahan Pisangcandi.

Dalam program tersebut, bidang SDA dan Draenase memanfaaatkan lahan sekitar Drainase untuk ditempat itu ditanami tanaman seperti terong, lombok, dan tomat. Sedangkan pada bossom penampung air atau drainase akan diberi ikan lele dan mujair.  “Makanya di sana kita namakan Kampung Telolet Om. Singkatan dari terong, lombok, lele dan tomat. Hal tersebut memang merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi banjir. Dengan dijadikan kawasan yang bermanfaat, harapnnya warga tidak sembarangan membuang sampah ke saluran air,” jelas Kabid SDA dan Draenase DPUPR Kota Malang, Ir. Bambang Nugroho.

Selain sebagai salah satu upaya dalam penanggulangan banjir, program tersebut juga akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Warga bisa memanfaatkan hasil menanam dan memelihara lele dari Kampung Telolet Om. “Jadi, hasilnya bisa dimanfaatkan warga sekitar. Jika dikelola dengan bagus, terong, lombok, dan tomat juga bisa di masak tanpa harus membeli, bahkan bisa dijual. Dengan adanya upaya ini, masyarakat yang sebelumnya buang sembarangan kan jadi mikir-mikir lagi kalau kawasannya dibuat bermanfaat,” ungkap Bambang.

Lebih lanjut ia menjelaskan, nantinya DPUPR juga akan mencoba mengganti beberapa tanaman tersebut dengan tanaman yang lebih bernilai jual tinggi, sehingga harapannya bisa menambah keuntungan bagi warga sekitar. “Ya nanti kayak tomat diganti tomat cery, lomboknya diganti dengan jenis bagus, terongnya juga. Yang sudah jalan seperti daerah Pisang Candi dan Glintung Gang 1,” ungkap Bambang.

Nantinya, program tersebut akan diaplikasikan di berbagai titik di Kota Malang. Tujuannya bisa menjadi salah satu upaya yang bisa membantu dalam penanggulangan banjir.  (MN).

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply