KURANGI GENANGAN AIR, PEMKOT MALANG WAJIBKAN SEMUA KELURAHAN PUNYA SUMUR INJEKSI
KURANGI GENANGAN AIR, PEMKOT MALANG WAJIBKAN SEMUA KELURAHAN PUNYA SUMUR INJEKSI

Pemerintah Kota (PEMKOT) Malang mengeluarkan strategi baru untuk menangkal banjir dan musibah genangan yang selalu datang saat musim hujan. Seluruh kelurahan di Kota Malang, mulai diwajibkan memiliki sumur injeksi.  Sumur khusus dengan kedalaman tertentu itu, sudah mulai dibangun itu bakal diterapkan di berbagai area. Mulai dari kawasan perumahan dan permukiman, taman, hingga area perkantoran.

Wakil Wali Kota Malang Ir. Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan, penerapan sumur injeksi diyakini mampu mengurangi volume banjir. Itu sebabnya, sejak saat ini masing-masing kelurahan diharapkan mulai membangun sumur injeksi, terutama pada titik yang selalu ada genangan saat hujan datang.

“Kami sampaikan, agar setiap kelurahan memiliki minimal 10 hingga 15 sumur injeksi. Nanti dalam APBD 2021 agar diusulkan 15 hingga 20 sumur injeksi,” katanya. Instruksi itu disampaikan usai melakukan pembuatan sumur injeksi perdana di halaman kantor Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Kota Malang, Selasa (28/1/2020).

Pria yang akrab disapa Bung Edi itu menyampaikan, Kota Malang saat ini mengalami perkembangan yang signifikan sebagai kota besar. Sehingga, masalah lingkungan menjadi tantangan terbesar yang selama ini banyak menghantui “Salah satu problem lingkungan seperti banjir dan genangan air,” imbuhnya.

 

Selama ini, lanjut Bung Edi, berbagai gerakan telah dilakukan. Di antaranya melalui Gerakan Angkut Sampah Sedimen (GASS) hingga gerakan buang sampah pada tempatnya. Dengan adanya gerakan baru yaitu sumur injeksi, diharapkan masalah banjir dan genangan air tak lagi terjadi di Kota Malang.

Dengan kepadatan Kota Malang, menurutnya sumur injeksi memang harus diperbanyak. Ketika diperbanyak, maka penanganan genangan air juga dapat berjalan maksimal. Selain digerakkan pemerintah, dia juga berharap agar masyarakat turut serta secara swadaya. “Pemkot Malang sudah ada Perda Konservasi Air. Salah satu poinnya adalah untuk membuat sumur resapan hingga pengelolaan lingkungan hingga di kawasan perumahan dan permukiman,” pungkasnya. (MN).

 

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply