MEWUJUDKAN BANGUNAN BERSTRUKTUR, DPUPR KOTA MALANG ADAKAN SOSIALISASI SLF
MEWUJUDKAN BANGUNAN BERSTRUKTUR, DPUPR KOTA MALANG ADAKAN SOSIALISASI SLF

Kasus kebakaran dan runtuhnya bangunan gedung di beberapa tempat menjadi alasan utama DPUPR (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kota Malang menggelar sosialisasi SLF (sertifikat laik fungsi). Apalagi di Kota Malang, sedang marak pembangunan gedung.

Melalui Bidang Cipta Karya, sosialisasi SLF sesi pertama dilakukan DPUPR di Hotel Ijen Suites, Rabu (18/4/2018). Di hadapan peserta, dijelentrehkan bahwa SLF memiliki arti penting dalam perizinan penyelenggaraan gedung. Perusahaan penyewa properti, perusahaan asuransi dan perbankan, serta lembaga auditor baik lokal maupun asing akan memperhatikan aspek-aspek yang terkait dengan perizinan, terutama SLF. Jika bangunan yang ditempati, disewakan, dijaminkan, dan biaya naik kelas atau bintang (terutama pada bangunan hotel) tidak laik fungsi, maka akan muncul kekhawatiran akan kekuatan, kenyamanan, kesehatan, keamanan dan lain-lain.

Dari data DPUPR Kota Malang, sampai dengan tahun 2017, hanya 17 bangunan gedung yang memiliki SLF dari sekian ribu gedung yang telah berdiri di Kota Malang. “Dari hasil tersebut, maka kami melakukan kegiatan sosialisasi SLF agar dapat meningkatkan jumlah pemilik bangunan gedung untuk segera mengurus SLF,” ujar Sekretaris DPUPR Kota Malang Ir. Sumardi Mulyono saat dijumpai di sela-sela acara.

Menurut Sumardi, kegiatan ini juga untuk meningkatkan iklim investasi dan pertumbuhan ekonomi di Kota Malang. Sebab, SLF bisa menjadi salah satu pertimbangan dan penilaian dari masyarakat ataupun pengunjung yang berhubungan dengan gedung.  Selain itu, sosialisasi ini dilakukan dalam rangka mewujudkan terstrukturnya bangunan yang sesuai dengan kebutuhan teknis dan bangunan. “Dalam skala panjang, dapat meningkatkan iklim investasi dan pertumbuhan ekonomi di Kota Malang. Semoga diadakannya kegiatan sosialisasi SLF ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi para pelaku usaha,” pungkas Sumardi.  (MN).

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply