NORMALISASI SALURAN AIR DI DIENG, SATGAS DPUPR KOTA MALANG PANEN SAMPAH
NORMALISASI SALURAN AIR DI DIENG, SATGAS DPUPR KOTA MALANG PANEN SAMPAH

Sering kali terjadi genangan air di Kota Malang setiap kali terjadi hujan ataupun tidak terjadi hujan, sebetulnya bukan semata-mata karena permasalahan ketersediaan sarana dan prasarana seperti Drainase atau gorong-gorong yang kurang memadahi, melainkan kurangnya keperdulian kita untuk merawat dan menjaganya.

Setiap hari Satuan Tugas (SATGAS) DPUPR Kota Malang mengambil langkah proaktif dengan memeriksa dan membersihkan saluran dan Drainase yang ada di Kota Malang terutama diwilayah yang sering terjadi genangan. langkah aktif ini diambil dikarenakan permasalahan yang terjadi di beberapa tempat sebetulnya sepele, banyaknya sampah di saluran air yang menghambat aliran air di Drainase.

“Drainasenya sendiri sebetulnya sudah bagus, hanya sampahnya yang tidak ketulungan banyaknya, kalau saja warga sedikit perduli, pasti tidak akan terjadi masalah genangan”. tutur Bengbeng, salah satu personil dari SATGAS DPUPR Kota Malang.

Mereka (SATGAS), punya keterbatasan jangkauan dan waktu, tidak mungkin semua terpantau dan terlayani dengan 100%. Perlu adanya dukungan, ” kerjasama serta kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan, Jangan lagi membuang bantal, kasur, kaleng, bongkaran rumah, dan sampah lainya ke sungai maupun ke gorong-gorong, karena itu bukan tempat untuk membuang sampah dan bongkaran”. Tambahnya.

Contah saja kegiatan SATGAS DPUPR Kota Malang hari ini, senin 15/7/2019, mereka menormalisasi dua titik gorong-gorong di jalan Tidar dekat kampus STIKI dan dan jalan Raya Dieng dekatnya Bakti Luhur, ” di dua titik itu sama penyebab penghambat air tidak mengalir di tempatnya adalah berbagai macam sampah dan kurangnya keperdulian warga dalam menjaga lingkungan”, pungkas Bengbeng.

Peran serta dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sangatlah di butuhkan, utamanya dalam menjadikan kampung meraka tidak kumuh, dan terhindar dari bencana, tanpa disadari meraka adalah pelaku sekaligus korban dari bencana yang ada di kampung mereka sendiri. (MN).

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply