PEMKOT MALANG SIAP SELESAIKAN SEJUMLAH PROYEK  BESAR DI TAHUN 2020
PEMKOT MALANG SIAP SELESAIKAN SEJUMLAH PROYEK BESAR DI TAHUN 2020

Meski pembangunan sejumlah proyek besar tertunda di tahun 2019 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang optimis akan mulai membangun proyek-proyek besar tersebut pada tahun 2020 mendatang. Sejumlah proyek tersebut diantaranya, proyek baru Malang Creatif Center (MCC). Kemudian dua lainnya merupakan proyek lawas, yakni Islamic Center (IC) dan Jembatan Kedungkandang.

Wali Kota Malang Drs. Sutiaji mengatakan semua proyek yang telah masuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tersenbut siap dibangun pada tahun 2020 mendatang. Rincian anggarannya, MCC senilai Rp 185 miliar, IC sebesar Rp 45 miliar, dan Jembatan Kedungkandang berkisar Rp 70-80 miliar..”Ya sudah masuk (dalam rencana penanggaran, Red). Jembatan Kedungkandang 2020, MCC 2020, Islamic Center 2020,” ujar dia.

Menurut Sutiaji, saat ini tahapan detail engineering design (DED) pembangunan ketiga mega proyek tersebut telah diselesaikan termasuk Amdal Lalin. Pihaknya bahkan sudah memanggil ULP dan LPSE untuk pengurusan lelang, “DED sudah, Amdal juga sudah semuanya. Sebenarnya kan untuk dua itu sisa kemarin, yang IC dan Jembatan Kedungkandang. Sekarang sudah kami fasilitasi, ULP dan LPSE juga semua sudah kita undang,” imbuhnya.

Pria yang akrab disapa Aji ini menjelaskan telatnya proyek IC salah satunya berkaitan dengan awal pengenalan Perpres no 16 tahun 2019. Menurutnya kala itu, tender jasa pembangunan IC dinyatakan gagal lelang karena banyak penyedia jasa yang masih baru, dan tidak lulus kualifikasi.”Problemnya itu kan di lelang, kemarin kan masih awal pengenalan berkaitan dengan Perpres 16/2019. Sehingga banyak penyedia jasa yang masih baru, dan tereliminasi,” pungkas dia. (MN).

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply