SATGAS DPUPR KOTA MALANG IMBAU MASYARAKAT TAK LUPA BERSIHKAN SALURAN AIR SAAT KERKA BAKTI
SATGAS DPUPR KOTA MALANG IMBAU MASYARAKAT TAK LUPA BERSIHKAN SALURAN AIR SAAT KERKA BAKTI

Satuan Tugas (SATGAS) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang, setiap harinya, terus gencar melakukan normalisasi saluran drainase di Kota Malang. Hari ini, rabu (16/10/2019), SATGAS DPUPR Kota Malang melakukan normalisasi di kawasan Jalan Sunan Kalijaga Kelurahan Dinoyo dan jalan Kalimantan Kasin.

Pasalnya, disana terdapat saluran drainase yang mengalami penyumbatan oleh berbagai macam sampah dan limbah, di tambah lagi terjadi penyempitan saluran air dengan sengaja oleh oknum yang mementingkan kepentingan pribadi. “Akibatnya air tidak bisa maksimal mengalir di saluran air, dan terjadi penyumbatan oleh sampah-sampah menumpuk,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Sumberdaya Air dan Drainase (SDA), melalui Hari Widodo, Koordinator SATGAS DPUPR Kota Malang ini.

Lanjutnya, selain kegiatan rutin, upaya normalisasi tersebut, merupakan upaya antisipasi nantinya ketika musim hujan. Sebab, bisa dipastikan jika saluran air tetap dibiarkan dengan kondisi seperti itu, tentunya air akan meluap membanjiri jalan-jalan. “Memang ini merupakan upaya antisipasi, sedia payung sebelum hujan,” beber pria yang akrab disapa Beng-beng ini.

Kemudian, ia juga mengimbau kepada masyarakat, untuk semakin meningkatkan kesadaran maupun kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Pihaknya tak lelah seringkali mendengungkan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan di saluran air maupun sungai. “Selama ini, saat operasi normalisasi, kebanyakan memang adalah sampah rumah tangga, pampers, kasur, kayu dan material lain,” bebernya

Ia juga menitipkan pesan terhadap masyarakat, agar setiap kali melakukan kerja bhakti, agar tidak melupakan kondisi saluran drainase. Menurutnya, selama ini, masyarakat justru hanya memperhatikan kebersihan jalan saja. “jangan sampai melupakan kebersihan drainase setiap kerja bakti. Kadangkan yang dibersihkan hanya yang atas saja, bawah jarang dilihat, padahal itu juga penting,” pungkas Beng-beng.  (MN).

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply