Sosialisasi HIPPAM Tahun 2016 Kota Malang
Sosialisasi HIPPAM Tahun 2016 Kota Malang

Sosialisasi HIPPAM Tahun 2016 Kota Malang

 

hipam

Dalam rangka mendorong pencapaian universal akses 100-0-100 di Kota Malang khususnya menyediakan 100% akses air minum yang layak bagi masyarakat. DPUPPB Kota  Malang khususnya bidang Perumahan dan Tata Ruang (PTR) pada hari selasa 2 agustus 2016 kemarin mengadakan sosialisasi pada pengurus Himpunan Pengelola dan Pemakai Air Minum (HIPPAM) se Kota Malang.

Di Kota Malang sekarang ada 31 sumur bor yang dikelola oleh HIPPAM yang tersebar di beberapa kelurahan, pengurus HIPPAM bertugas dan berkewajiban untuk mengelola air minum yang disediakan melalui sumur bor yang dibuat oleh DPUPPB Kota Malang, pengelolaannya hampir mirip dengan PDAM hanya saja ini yang mengelola masyarakat,

Sumur bor yang dibuat yang kemudian dialirkan ke masyarakat melalui perpipaan dikhususkan untuk lokasi yang sulit untuk dijangkau oleh PDAM Kota Malang terutama karena masalah elevasi lahan yang tidak memungkinkan dijangkau PDAM. Ada anggapan yang salah dari sebagian masyarakat bahwa antara HIPPAM dan PDAM bersaing baik dari segi harga maupun pelayanan, anggapan tersebut tentu tidak benar, wilayah cakupan yang bisa dilayani HIPPAM tidaklah luas sebatas di sekitar sumur bor yang dibuat saja sangat berbeda dengan PDAM yang meliputi seluruh wilayah Kota Malang, Keduanya saling melengkapi agar seluruh masyarakat bisa terfasilitasi air minum yang layak sesuai tekad dari Pemerintah Kota Malang untuk mencapai 100% air minum yang layak bagi masyaraklat di tahun 2019.

Sosialisasi HIPPAM kali ini Ir. Endang Sukesi dan Bpk Djaka Setyanta, ST yang merupakan  narasumber dari PDAM menekankan agar pengelolaan di HIPPAM bisa lebih profesional baik dalam kualitas layanan maupun di pengelolaannya. Sementara Ibu Yunita Faradiny dari bank Jatim menekankan pada aspek manajemen keuangan, mengingat seluruh biaya operasional HIPPAM sepenuhnya diambilkan dari masyarakat yang memakai air yang diambikan dari sumur bor yang dikelola.

Bukan berarti selama ini pengelolaan HIPPAM di Kota Malang belum baik, dalam 5 tahun terakhir ini HIPPAM Kota Malang menjadi langganan juara 1 tingkat provinsi dalam lomba HIPPAM yang diselenggarakan oleh Dinas PU Cipta Karya Provinsi Jawa Timur. Namun begitu sosialisasi yang sekaligus sebagai sarana pembinaan ini secara rutin terus dilakukan agar pengelolaannya semakin baik.

>> kembali ke berita & informasi

>> kembali ke halaman utama

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply