TAHAP AWAL DIRESMIKAN, ISLAMIC CENTER JADI PUSAT KANTOR KEAGAMAAN
TAHAP AWAL DIRESMIKAN, ISLAMIC CENTER JADI PUSAT KANTOR KEAGAMAAN

Selain meresmikan Jembatan Kedungkandang, Pemerintah Kota (PEMKOT) Malang melakukan peresmian proyek pembangunan Islamic Center, dan Mini Block Office. Peresmian dilakukan secara bergilir oleh Wali Kota Malang Drs H. Sutiaji, bersama jajaran Forkopimda termasuk yang menggawangi pekerjaan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang hari rabu 30/12/2020.

Pembangunan Gedung Islamic Center, proyek yang dibangun di atas lahan seluas 5,6 hektar dengan tahap awal dana dari APBD Kota Malang senilai Rp 54 miliar ini, sejatinya masih belum final. Saat ini, baru tahap awal saja yang bisa dimanfaatkan, yakni, Gedung Serbaguna yang bisa menampung sekitar 5 ribu orang.

Sutiaji menuturkan, meski masih tahap awal, Islamic Center sudah memberi fasilitas untuk area perkantoran bagi beberapa lembaga keagamaan, instansi hingga perangkat daerah terkait. “Di antaranya, akan ditempatkan di sana diantaranya adalah perwakilan pelayanan untuk Kantor Kementrian Keagamaan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Malang, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Malang, hingga Badan Wakaf”. Bebernya.

Lanjut Sutiaji, termasuk nanti Imigrasi, kami akan berikan hibah ke Kemenag, akan di sini juga. ” Maka akan semarak kegiatan-kegiatan dan pemungsian gedung yang ada, Nantinya di tahap kedua juga masih akan dibangun menara yang direncanakan setinggi 77 meter. Tahap ketiga akan dibangun fasilitas parkir, serta sarana prasarana lain seperti taman, dan yang lainnya”. Paparnya.

Sementara itu, Kepala DPUPRPKP Kota Malang Ir. Hadi Santoso, mengungkapkan, untuk rencana awal gedung Islamic Center akan dilengkapi dengan asrama haji dan untuk pelatihan manasik haji, namun hal itu dibatalkan. “Yang pasti nanti ke depan seperti apa masih akan berproses, namun untuk manasik haji ditiadakan. Sehingga nanti untuk asrama haji juga tidak jadi,” ungkapnya.  (MN).

 

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply