TANAMKAN KESADARAN TIDAK BUANG SAMPAH KE SUNGAI, WARGA KOTA MALANG TULISKAN HIMBAUAN INI
TANAMKAN KESADARAN TIDAK BUANG SAMPAH KE SUNGAI, WARGA KOTA MALANG TULISKAN HIMBAUAN INI

Kebiasaan masyarakat dalam membuang sampah sembarangan di beberapa tempat di Kota Malang, rupanya membuat  geram warga sekitarnya. Kegeraman itu membuat masyarakat akhirnya menulis kata-kata imbauan yang cukup unik, bahkan kadang terkesan ngeri.  Seperti contohnya di kawasan jembatan Lembayung Kelurahan Bumi Ayu Kedungkandang.

Di kawasan rerimbunan bambu dekat sungai, memang banyak masyarakat yang membuang sampah di kawasan tersebut, sehingga warga berinisiatif membuat imbauan yang unik. Seperti yang di tuliskan oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Parseh Jaya Kelurahan Bumi Ayu. ” Jangan jadikan Sampahmu, sebagai Ladang Maksiatmu “, dan ada juga ditempat-yang lain.

Memang beberapa kalangan masyarakat masih ada yang belum sadar untuk membuang sampah pada tempatnya, namun pihak Pemerintah Kota (PEMKOT) Malang sangat mengapresiasi dengan masyarakat yang  juga aktif peduli terhadap lingkungan.

Hal seperti itu memanglah sangat bagus, masyarakat menunjukan kepeduliannya kepada lingkungan, agar tidak buang sampah sembarangan. Namun harapan masyarakat bisa membuat imbaun- imbauan yang tidak provokatif atau dengan kata-kata kasar. Sehingga lebih mengena kepada masyarakat.

Kalau dibuat dengan kata-kata kasar orang malah marah, dan malah tetap membuang sampah sembarangan. Sehingga harus dibuat dengan kata yang pas, unik namun mengena dan tidak kasar.

Semoga bisa menggugah kesadaran dan mengurangi masyarakat membuang sampah ke sungai, karena Kota Malang sebagai kota pendidikan dan tempat orang-orang terdidik, di samping membuang sampah tersebut bisa menyebabkan terjadinya bencana banjir.  (MN).

 

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply