TOL MAPAN HAMPIR TUNTAS, KOTA MALANG TINGGAL TUNGGU PEMBEBASAN TIGA LAHAN
TOL MAPAN HAMPIR TUNTAS, KOTA MALANG TINGGAL TUNGGU PEMBEBASAN TIGA LAHAN

Pembangunan tol MAPAN (Malang-Pandaan) hampir tuntas. Lantaran sejak November ini, jalur Singosari-Pakis sudah mulai dioperasikan.  Artinya, pembangunan tol untuk mempersingkat jarak Malang-Pandaan itu akan segera selesai.

Di Kota Malang, pembangunan exiting Madyopuro nampak masih berlangsung. Dari pantauan tampak masih banyak pekerja dan truk yang keluar masuk ke area pintu exiting yang tak jauh dari kawasan velodrome itu. Beberapa bangunan di kawasan yang dibebaskan juga masih tampak berdiri kokoh dan belum diratakan.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menyampaikan, sejauh ini sudah ada progress berkaitan dengan pembebasan lahan di kawasan Madyopuro. Meski awalnya sempat alot, kini tinggal tiga lahan milik warga saja yang belum dibebaskan. “Tinggal tiga lahan lagi yang lainnya Alhamdulillah sudah tuntas,” katanya belum lama ini.

Dia menjelaskan, pemerintah terus memfasilitasi masyarakat berkaitan dengan pembebasan lahan untuk tol MAPAN tersebut. Namun dia tidak menjelaskan secara rinci alasan belum terselesaikannya tiga lahan yang memilih dipertahankan tersebut. “Alasannya belum tahu, tapi tinggal tiga saja,” terangnya.

Walikota malang menyampaikan, sebelum 2020, tiga bidang lahan tersebut ditargetkan sudah dibebaskan. Berbagai upaya akan ditempuh untuk meyakinkan warga. Salah satunya melalui lurah dan camat yang sudah banyak berkomunikasi dengan warga terdampak.

Selain pembebasan lahan, Sutiaji juga menyampaikan jika Pemkot Malang telah bersiap dengan berbagai penataan lalu lintas. Salah satunya meningkatkan kapasitas jalan dan pembebasan lahan untuk jalur alternatif, tepatnya di kawasan Danau Jonge hingga Sulfat.Pengerjaan jalan pun akan dilaksanakan pada 2020 mendatang.  (MN).

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply