UPACARA HUT RI KE-75 DI PEMKOT MALANG BERLANGSUNG KHIDMAT DALAM KETERBATASAN
UPACARA HUT RI KE-75 DI PEMKOT MALANG BERLANGSUNG KHIDMAT DALAM KETERBATASAN

Pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-75 RI di Kota Malang dilaksanakan berbeda. Tak lain, hal itu karena adanya batasan-batasan mengingat momen perayaan hari kemerdekaan berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Meski jumlah peserta upacara dan petugas upacara terbatas, namun suasana khidmat tetap terasa dalam pelaksanaan upacara di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tersebut.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menyampaikan momen peringatan HUT RI ke-75 kali ini diibaratkan seakan perang. Tapi bukan perang melawan penjajah, melainkan peperangan terhadap diri sendiri yang harus hidup dalam keterbatasan. Seperti, pembatasan jaga jarak atau physical distancing, dan disiplin memakai masker dalam beraktivitas.

“Justru ketika saya lihat formasi (pelaksanaan upacara HUT RI) terenyuh. Saat ini kita perang, perang terhadap siapa, sebenarnya terhadap diri kita sendiri untuk membatasi kesenangan. Yang dulu bebas tidak pakai masker sekarang harus pakai dulu,” ujarnya, ditemui usai pelaksanaan Upacara HUT RI ke-75 di Balai Kota Malang, Senin (17/8/2020).

Walikota Malang menyebut, momen perayaan HUT RI kali ini juga diharapkan lebih menguatkan pertumbuhan ekonomi. Apalagi target dari pemerintah pusat, di akhir tahun 2020 mendatang perekonomian bisa mencapai 5 persen. “Meski banyak ekonom yang pesimis, karena saat ini kita minus. Tapi target dari pak Presiden (Jokowi) akan jadi kenyataan di saat kita mau mobilitas disektor riil dengan APBN, APBD Provinsi, APBD kota ini berputar. Dan itu tergantung kita sendiri,” imbuhnya.

Untuk itu, pemutaran ekonomi di Kota Malang terus gencar dimaksimalkan. Melalui, pembinaan bagi sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga pelaku seni budaya. Namun, dalam prosesnya lagi-lagi ia menegaskan kedisiplinan dalam protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Iya jelas semuanya, tapi itu bisa dilaksanakan di saat kita disiplin,” tandasnya.  (MN).

 

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply