UPT RUSUNAWA

UPT RUSUNAWA dibentuk berdasarkan Peraturan Walikota Nomor : 89 Tahun 2019 tentang Pembentukan Unit Pelaksana Teknis Rumah Susun Sederhana Sewa pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Malang . Salah satu pelayanan publik di Unit Pelaksana Teknis Rumah Susun Sederhana Sewa adalah Pelayanan Penghuni Baru

DASAR HUKUM
  1. Peraturan Walikota Malang Nomor 41 tahun 2013 tentang  Tata Cara Pengelolaan Rumah Susun Sederhana Sewa;
  2. Peraturan Walikota Malang Nomor 13 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Walikota Malang Nomor 41 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pengelolaan Rusunawa;
  3. Peraturan Walikota Malang Nomor 64 TAhun 2019 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan PermukimanPerumahan dan Kawasan Permukiman;
  4. Peraturan Walikota Malang Nomor 89 tahun 2019 tentang Pembentukan Unit Pelaksana Teknis Rumah Susun Sederhana Sewa pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman.
LOKASI
Unit Pelaksana Teknis Rumah Susun Sederhana Sewa berada di Komplek Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Malang

Jl. Bingkil No. 1 Kel. Ciptomulyo Kecamatan Sukun – 65148 Telp. (0341) 325712

PERSYARATAN

Formulir Permohonan disertai berkas sebagai berikut : foto copy KTP, Fotocopy KK, Fotocopy Surat Nikah/Cerai, Pas Foto, SKCK Asli dari Kepolisian, Rekening Bank Penyedia Layanan Pembayaran Sewa Online, Surat Pernyataan Kesanggupan Memenuhi Ketentuan, Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar Sewa dan lain-lain beban biaya tagihan sesuai ketentuan, Keterangan memiliki penghasilan, rekomendasi dinas sosial (untuk difabel).

SISTEM DAN MEKANISME
  1. Calon penghuni menyampaikan formulir permohonan yang telah diisi berikut berkas kelengkapan yang dipersyaratkan;
  1. Petugas Administrasi UPT memproses permohonan dengan terlebih dahulu mengecek kelengkapan dan keabasahan dokumen
    • Berkas lengkap dan sah akan diproses lebih lanjut
    • Berkas tidak lengkap/tidak sah akan dikembalikan kepada calon penghuni untuk dilengkapi;
  2. Petugas Administrasi UPT mengecek ketersediaan satuan rumah susun/hunian yang tersedia di rusunawa
    • Apabila tersedia, calon penghuni yang telah lengkap dan dicek keabsahan berkasnya akan mendapatkan informasi rencana penempatan
    • Apabila tidak/belum tersedia, berkas calon penghuni masuk daftar tunggu;Petugas Administrasi UPT menyiapkan kontrak baru untuk calon penghuni;
  3. Kepala UPT Rusunawa mengecek dan memberikan paraf terhadap draf kontrak yang telah disiapkan petugas;
  4. Sekretaris Dinas memberikan paraf terhadap draf kontrak yang telah diperiksa;
  5. Calon penghuni menandatangani draf kontrak yang telah diperiksa;
  6. Kepala Dinas menandatangani kontrak yang telah diperiksa;
  7. Petugas Administrasi UPT menyerahkan arsip kontrak;
  8. Petugas Pengawas Rusunawa memberikan kunci hunian yang akan ditempati kepada penghuni baru dan menyampaikan informasi tata tertib hunian;
JANGKA WAKTU
5 (lima) hari kerja
BIAYA
Biaya Sewa Hunian, Biaya pemakaian Air dan Listrik