KURANGI WARGA BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, PEMKOT MALANG BAKAL PASANG CCTV
KURANGI WARGA BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, PEMKOT MALANG BAKAL PASANG CCTV

Sempat gagal lelang, ratusan closed circuit television (CCTV) bakal dilelang kembali pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2019. Pengadaan itu dinilai penting lantaran CCTV menjadi salah satu alat pemantau yang memang direncanakan sejak lama dan menunjang Kota Malang sebagai smart city. “Sempat gagal, nanti akan dilakukan pengadaan dan Insya Allah saat PAK nanti tidak lagi gagal lelang,” kata Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji belum lama ini.

Dia menjelaskan, CCTV menjadi salah satu alat untuk memantau kondisi Kota Malang hanya dari satu ruangan saja yaitu Ngalam Command Center (NCC). Ketika CCTV terpasang, maka kondisi yang rawan terjadi kecelakaan hingga peristiwa sosial dapat terpantau dengan jelas.

Karena sesuai rencana awal, CCTV akan dipasang di beberapa kawasan yang memang dinilai memiliki nilai urgensi. Diantaranya seperti jalanan untuk memantau lalu lintas, taman dan tempat keramaian, hingga kampung tematik. Bahkan, beberapa jembatan juga telah terpasang CCTV untuk memantau aktivitas masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan ke sungai penyebab banjir.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto menambahkan, pemasangan CCTV di beberapa titik akan kembali dikoordinasikan dengan pihak terkait, salah satunya adalah kepolisian. Karena  pemasangan memang dilakukan untuk daerah rawan serta memiliki prioritas.

“Pemasangan nanti dilihat kebutuhan, mana yang menjadi prioritas itu yang dipasang terlebih dulu, terutama untuk memantau pembuang sampah sembarangan dan ke sungai” jelas Wasto. (MN).

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply