Lahirnya Kampung 3D Merubah Kawasan Kumuh Jadi Kampung Wisata
Lahirnya Kampung 3D Merubah Kawasan Kumuh Jadi Kampung Wisata
Jalan di Kampung 3D Kelurahan Kesatian Kota Malang
Jalan di Kampung 3D Kelurahan Kesatian Kota Malang

Lahirnya Kampung 3D Merubah Kawasan Kumuh Jadi Kampung Wisata

Keperdulian dan Kreatifitas masyarakat terhadap permasalahan lingkungan permukiman utamanya kawasan permukiman kumuh yang ada di Kota Malang patut diacungi jempol. setelah kampung warna-warni yang berada di kelurahan jodipan, kini hadir kampung tridi , tepatnya di Kampung yang terletak di Jalan Temenggungan Ledok, Kelurahan Kesatrian Kecamatan Blimbing Kota Malang, kampung yang sebelumnya terkesan kumuh kini tak lagi kumuh. Ide dan kreatifitas Pemuda karang taruna setempat yang dimotori oleh Eddi Gimbal dan Tholib beserta pemuda yang berjiwa seni lainnya telah menyulap kampung itu menjadi Kampung 3 Dimensi.

Jalan dan tembok dilukis mural dan lukisan 3 dimensi yang sangat menarik. Saat ini sejumlah wisatawan yang umumnya adalah para remaja banyak yang berkunjung ke kampung tridi  dinamakan demikian dan memakai ejaan jawa dengan satu maksud biar orang gampang menyebutnya. Hampir semua pengunjung yang datang berfoto selfie dengan latar belakang lukisan 3 dimensi yang memang bagus.

Eddi Suprianto yang lebih dikenal dengan Eddy Gimbal sebagai pencetus kampung tridi menuturkan “ide dan gagasan berawal dari kami, setelah mendapat persetujuan dari Ketua RW  kami baru mulai melukisnya, pendanaan diambilkan dari uang kas, karena keterbatasan dana belum semua kampung bisa dilukis”,bak gayung bersambut kreatifitas dan ide kreatif dan kerja keras yang sudah dilakukan para pemuda dilirik oleh Decofresh sebagai salah satu perusahaan cat yang sudah dikenal di Malang, Decofres juga yang sebelumnya membantu pengecatan kampung warna-warni di Kelurahan Jodipan. Rencananya kampung tridi yang direncanakan meliputi 4 RT  yaitu RT 1-4 RW 12 Kelurahan Kesatrian  nantinya akan dilukis 3 dimensi.

Sekarang Kampung Tridi yang semula kumuh seakan menjadi kampung wisata baru. setiap hari banyak pengunjung yang datang baik mereka yang sengaja datang ataupun mereka yang kebetulan lewat dan tertarik ahirnya mampir. secara pelan tetapi pasti ekonomi masyarakat mulai terangkat, mulai dari parkir kendaraan, penjual makanan dan minuman pun ikut kebagian rejeki. kalau sudah jadi nantinya dipastikan juga kamar kos sewanya juga akan naik sehingga keberadaan kampung tridi bisa mendorong perbaikan ekonomi warga.

>> kembali ke berita & informasi

>> kembali ke halaman utama

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply