MENDUKUNG KOTA LAYAK ANAK, HALAMAN KANTOR DPUPPB KOTA MALANG DISULAP JADI TAMAN
Taman DPUPPB Kota Malang
MENDUKUNG KOTA LAYAK ANAK, HALAMAN KANTOR DPUPPB KOTA MALANG DISULAP JADI TAMAN
Taman DPUPPB Kota Malang
Taman DPUPPB Kota Malang

DPUPPB Kota Malang memahami bahwa selama ini tidak banyak masyarakat yang berani datang ke kantor-kantor pemerintah, mengadukan permasalahan yang terjadi di lingkungannya saja mereka enggan, tidak sedikit masyarakat yang menganggap kantor pemerintah sebagai tempat “Angker” yang tidak bersahabat dengan masyarakat, apalagi bila mereka merasa miskin, pendidikannya kurang dan bukan tokoh masyarakat.

Sejalan dengan adanya keterbukaan informasi publik dan peningkatan layanan pada masyarakat serta mendukung Kota Malang sebagai Kota layak Anak. DPUPPB Kota Malang berinovasi dengan menyulap halaman kantor menjadi taman yang indah dan ramah anak.

Bidang Perumahan dan Tata Ruang (PTR) DPUPPB Kota Malang bersama Satgas PTR mendesain dan merancang sekaligus membangunnya agar masyarakat tidak merasa takut lagi untuk datang ke kantor. Masyarakat Kota Malang mengenal lokasi kantor dengan BLANWIR (bahasa belanda yang artinya Pemadam Kebakaran) merupakan bangunan kuno jaman Belanda yang menakutkan, banyak orang tua yang melarang anak-anaknya bermain di Blanwir.

Pohon-pohon besar yang ada tetap dipertahankan agar halaman kantor tetap hijau dan rindang, beraneka macam bunga ditanam, rumput ditata rapi, dibuat juga arena dan sarana bermain anak-anak, bosem sebagai tempat penampungan air hujan juga ditata dan diberi air mancur yang bisa menari mengikuti alunan music sepertihalnya yang ada di taman-taman di luar negri, terakhir lampu-lampu yang beraneka warna dipasang. Hasilnya jadilah halaman DPUPPB Kota Malang yang indah baik di siang maupun di malam hari.

Sekarang setiap hari banyak sekali anak-anak yang bermain di taman DPUPPB baik datang sendiri maupun diantar oleh orang tuanya. Tidak hanya itu taman yang dilengkapi dengan fasilitas jaringan WIFI  juga mengundang banyak pemuda untuk browsing di internet karena jaringan WIFI yang disediakan juga sangat baik tidak lemot dan tidak ngelek istilah yang sering disampaikan oleh anak-anak dan pemuda yang sering browsing atau sekedar main game di taman DPUPPB.

Taman DPUPPB tidak hanya merubah kantor tidak lagi “Angker” tetapi juga menjadi Taman bermain yang Ramah Anak dan indah. Bagi masyarakat yang sudah tahu ada taman di kantor DPUPPB Wisata tidak perlu mahal cukup datang ke Blanwir, daripada ke warnet bayar cukup dating dan bawa laptop / smart phone ke Taman DPUPPB Kota Malang, tetapi satu hal jangan sampai lupa waktu, keasikan browsing dan bermain.

Dampak positif lain masyarakat juga tidak lagi segan untuk mengadukan permasalahan infrastruktur yang ada diwilayahnya, sejak ada taman banyak masukan dan pengaduan masyarakat yang masuk atau sekedar bertanya bagaimana cara mengajukan permohonan pembangunan sarana permukiman di wilayahnya.

Banyaknya pengaduan yang masuk utamanya terkait kondisi sarana prasarana permukiman seperti halnya jalan dan saluran air menjadikan Satgas PTR juga terbantu, yang biasanya keliling Kota Malang untuk mencari sarpras lingkungan yang perlu dibenahi menjadi lebih ringan kerjanya karena ditunjukkan lokasi yang pasti, Quick Respon pengaduan diterima Satgas PTR langsung datang. Bukan hanya mengurus taman looo Satgas PTR itu, Pelayanan Prima tidak hanya dibidang administrasi saja, DPUPPB juga bisa. (Pen. Eko Wahyu)

>> kembali ke berita & informasi

>> kembali ke halaman utama

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply