Kebakaran Pasar Besi Comboran
Kebakaran Pasar Besi Comboran

14591696_1681633885485546_1659801810878773323_n

Masyarakat yang hoby barang bekas terutama onderdil kendaraan bermotor pasti sudah mengenal pasar besi comboran, sekitar pukul 21.00 WIB hari Kamis (13/10/2016) Sebanyak 24 lapak dilaporkan hangus terbakar. Beruntung lokasi pasar dekat dengan kantor pemadam kebakaran Kota Malang yang berada di kompleks perkantoran DPUPPB Kota Malang, sehingga kebakaran bisa cepat tertangani. 5 menit sejak adanya laporan pasukan pemadam kebakaran Kota Malang sudah siap di lokasi kejadian.

Kebakaran baru diketahui setelah muncul api yang sudah cukup besar di bagian tengah pasar, beruntung karena masyarakat di sekitar pasar masih ramai sehingga langsung bisa dilaporkan dan segera ditangani. 8 unit mobil PMK Kota Malang langsung dikerahkan untuk memadamkan api.

 Dari 266 lapak yang ada dalam pasar besi comboran ada 24 lapak / kios yang habis terbakar. Api dengan sangat cepat menjalar antar lapak dikarenakan lapak sebagian besar terbuat dari bangunan semi permanen yang sangat mudah terbakar dan berisi berbagai macam onderdil bekas yang sebagian besar juga mudah terbakar terutama yang terbuat dari bahan selain besi.

Kios yang terbakar berada di tengah los A diperkirakan penyebab kebakaran akibat hubungan arus pendek.  dugaan ini kuat karena Aliran listrik di pasar onderdil kendaraan ini tidak tersentral di satu titik. Melainkan setiap kios pedagang memiliki saklar masing-masing untuk menyalakan listrik.

Tim Inafis  Polresta Kota Malang sudah melakukan penyelidikan awal dan Sampai saat ini kepolisian belum menemukan petunjuk yang mengarah pada kesengajaan. Belum ditemukan bukti yang mengarah pada penyebab kebakaran karena faktor kesengajaan, kemungkinan yang paling kuat adalah karena adanya konsleting listrik.

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply