NORMALISASI SALURAN AIR DI TERUSAN SURABAYA, SATGAS DPUPRPKP KOTA MALANG KUMPULKAN BERKARUNG-KARUNG SAMPAH
NORMALISASI SALURAN AIR DI TERUSAN SURABAYA, SATGAS DPUPRPKP KOTA MALANG KUMPULKAN BERKARUNG-KARUNG SAMPAH

Kegiatan rutin normalisasi saluran drainase di Kota Malang tetap rutin dilakukan Satuan Khusus (SATGAS) Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang. Seperti halnya yang dilakukan hari rabuĀ  (21/4/2021), di mana mereka melakukan normalisasi saluran drainase di jalan Terusan Surabaya Kecamatan Klojen.

Lagi-lagi kenyataannya masih banyak ditemukan sampah rumah tangga. Baik sampah botol, plastik dan lainnya yang nampaknya sengaja dibuang masyarakat, ditambah lagi menumpuknya sedimen di saluran air, karena tidak pernah dibersihkan. Terpantau, sampah-sampah tersebut bercampur dengan lemak-lemak sisa makanan dan masakanĀ  bercampur memadat dengan sampah dan menumpuk tersangkut pada saluran drainase sehingga menghambat aliran air.

Kepala DPPUPRPKP Kota Malang Ir. Hadi Santoso mengungkapkan, ” kegiatan rutin teman-teman SATGAS melakukan normalisasi. Sampah-sampah yang ada di saluran drainase diangkat, kalau dibiarkan terus lama-lama akan menumpuk, malah akan menjadi masalah yang serius,” ungkapnya.

Untuk di saluran drainase jalan terusan Surabaya tersebut, terkumpul mencapai berkarung-karung sampah. Bahkan bukan hanya sampah plastik, botol, tapi juga ditemukan sampah yang membuat geleng-geleng kepala. “Tadi juga ditemukan banyak sampah yang sudah dikemas plastik rapi, tapi dibuang ke saluran air. Kami minta, masyarakat janganlah membuang sampah di saluran drainase, buanglah sampah pada tempatnya. Jika dibuang pada saluran drainase atau sungai lagi-lagi bisa jadi masalah serius, seperti banjir, sumber penyakit dan lainnya,” beber pria berkacamata ini.

Selain membersihkan sampah pada saluran drainase tersebut, tim SATGAS DPUPRPKP Kota Malang juga membersihkan sendimen-sendimen lumpur yang membuat pendangkalan. Setelah dibersihkan, saluran drainase saat ini terlihat bersih dan aliran air pun telah lancar berbeda dengan sebelumnya yang tersumbat oleh banyak sampah. (MN).

 

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply