DPUPR KOTA MALANG, PERBANYAK BIOPORI AGAR SUMBER HIPPAM TIDAK MATI
DPUPR KOTA MALANG, PERBANYAK BIOPORI AGAR SUMBER HIPPAM TIDAK MATI

Pembangunan dan peletakan batu pertama Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) secara simbolis yang dilakukan oleh Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Walikota Malang H. M. Anton (Abah Anton) di RW 7 Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Blimbing, yang diperuntukan untuk 400 KK, pada Sabtu tanggal 29/7/2017 kemarin merupakan program unggulan yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang dalam rangka penyediaan dan pengelolaan serta pemanfaatan air bersih untuk Masyarakat Kota Malang.

Kepala DPUPR Kota Malang, Ir Hadi Santoso menjelaskan, pembangunan HIPPAM ini dalam rangka mewujudkan program 100 – 0 – 100 Pemerintah Kota Malang. Yakni 100 persen tersedia air bersih, kemudian 0 persen lingkungan kumuh dan 100 persen sanitasi yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2005 tentang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).
“Tahun ini kami akan melakukan pengeboran di 7 titik untuk air bersih yang tersebar di Kota Malang agar bisa dinikmati masyarakat. Kita sekarang sudah memiliki 39 HIPPAM,” kata pria yang akrab disapa Soni ini.

Tujuh wilayah yang akan menjadi titik pengeboran air yakni di RW.7 Kelurahan Purwodadi, RW.5 dan RW.6 Kelurahan Mulyorejo, RW.12 dan RW.13 Kelurahan Bandungrejosari, RW.2 Kelurahan Balearjosari dan di RW.2 Kelurahan Wonokoyo.

Soni menjelaskan dari tujuh wilayah yang akan dibangun HIPPAM salah satunya sudah terealisasi di Kelurahan Purwodadi. ”Pembangunan HIPPAM di sini bisa melayani air bersih sekitar 400 sambungan ke rumah warga. Tapi nanti kalau produksinya lebih, ya bisa untuk keperluan lain,” jelasnya.

Masih menurut Soni, ke depan pengelolaan HIPPAM ini bisa menggunakan teknologi sederhana untuk menjadikan air bersih menjadi bahan baku air minum. ”Nah kalau di sini sudah ada HIPPAM, otomatis nanti di daerah sini harus lebih banyak biopori, agar sumbernya tidak mati. Selain itu bisa difungsikan untuk konservasi lahan penghijauan,” pungkas Soni.  (MN).

DPUPRPKP Kota Malang

Website Remi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman = Tiada Henti Membangun Negeri =

Leave a Reply